Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

7 Tips Penting Saat Belanja Online Di Marketplace Baca Sebelum Checkout

Share :
Baca Sebelum Checkout ! 7 Tips Penting Saat Belanja Online Di Marketplace
Ilustrasi Belanja Online / Gambar : Pixabay
Glozaria - Dari 2020 lalu, aktivitas kegiatan kebanyakan dilakukan secara daring atau online termasuk dalam urusan belanja. Bisa dibilang orang-orang beralih ke belanja secara online melalui marketplace. Terlebih lagi adanya marketplace ini yang menjadi sarana perantara antara penjual dan pembeli. Hal ini semakin memudahkan kita dalam bertransaksi jual-beli. Tetapi, banyaknya marketplace juga tidak menjamin bahwa toko atau penjual di dalamnya jujur dan amanah. Terkadang masih ada beberapa oknum penipu yang melancarkan tindakan penipuannya tersebut sebagai penjual dalam sebuah marketplace. Pada kenyataanya terdapat korban-korban penipuan itu.


7 Tips Penting Saat Belanja Online Di Marketplace Baca Sebelum Checkout

Lalu, bagaimana cara kita sebagai konsumen atau pembeli agar dapat terhindar dari bahaya tersebut ? Untuk itu, kali ini penulis akan memberikan Tips Belanja Online Di Marketplace. Langsung saja simak tips-tips berikut! 

1. Pilih marketplace yang sudah terpercaya
Tips Belanja Online Di Marketplace yang pertama adalah memilih marketplace yang sudah terpercaya dan banyak digunakan oleh masyarakat. Sebab, bila banyak orang telah mengggunakan marketplace tersebut itu tandanya mereka telah membuktikan bahwa kemungkinan adanya penipuan dalam transaksi tersebut semakin sedikit. Sehingga bisa disimpulkan bahwa marketplace-nya dapat dipercaya.  


2. Periksa deskripsi produk dengan cermat
Ketika Anda telah menentukan produk apa yang ingin dibeli dan mencarinya dengan kata kunci produk tersebut. Jangan lupa untuk memilah dan memilih produk, kemudian periksalah deskripsi produk dengan cermat supaya kita tidak tertipu dengan kualitas dari produk tersebut. Begitu halnya dengan rating dari produk tersebut juga harus diperhatikan.

3. Perhatikan testimoni dan ulasan 
Tips berikutnya, perhatikan testimoni dan ulasan dari pembeli sebelumnya. Jika ulasannya positif berarti penjual tersebut memiliki pelayanan yang bagus terhadap para pembeli. Tetapi, terdapat toko-toko baru yang belum memiliki ulasan. Jika produk yang ingin dibeli belum ada ulasannya, Anda dapat mengetesnya dengan membeli barang yang paling murah terlebih dahulu yang dijual di toko online tersebut. 

4. Jangan tergiur harga murah yang tidak masuk akal
Di marketplace, persaingan harga akan semakin ketat. Sebab, adanya banyak barang dengan nama dan jenis yang sama tetapi dengan kualitas yang berbeda. Seringkali pembeli akan tergiur dengan harga yang lebih murah atau paling murah. Tetapi, jangan tergiur dulu apalagi dengan harga murah yang tidak masuk akal.  Selain adanya kemungkinan penipuan, ada risiko barang yang Anda beli kualitasnya tidak sesuai dengan standar. Jadi, jangan sampai Anda menyesal. Ingat ada kualitas ada harga! 


5. Transaksi Melalui Rekening Resmi Marketplace
Bagi Anda yang baru ingin berbelanja online tapi masih ragu. Lebih baik pilih marketplace resmi seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Lazada, dan sebagainya. Karena marketplace resmi akan menawarkan kepada penjual dan pembeli sebuah jembatann pembayaran dalam melakukan transaksi. Hal ini biasanya pembeli harus mengirimkan pembayaran ke pihak marketplace lebih dulu setelah barang dikirim baru uang tersebut masuk ke rekening penjual. Teknis ini dapat memperkecil adanya peluang penipuan. 

6. COD atau Cash On Delivery
Bila Anda pertama kali ingin beli barang atau masih ragu dengan barang yang dibeli. COD menjadi suatu solusi dari keraguan tersebut. Metode pembayaran COD juga paling diminati karena minimnya risiko penipuan. Seperti singkatan namanya Cash On Delivery, merupakan suatu sistem pembayaran dimana penjual dan pembeli pada sebuah marketplace dapat membayar ketika barang telah sampai di rumah. Biasanya berlaku yang masih satu kota/wilayah dengan Anda. Tetapi, jangan khawatir karena beberapa marketplace dan penjual juga sudah mendukung skema pembayaran ini.  

7. Lacak terus nomor resi pengiriman
Ketika barang telah dicheck out, dibayar, maka akan masuk dalam proses pengemasan lalu barang akan dikirim.  Setelah masuk proses pengiriman, biasanya dari pihak marketplace atau penjual akan memberikan nomor resi pengiriman. Maka, Anda perlu memantau dan melacak terus nomor resi pengiriman tersebut secara berkala. Jika data resi tidak sesuai maka patut dicurigai. Tenang saja, beberapa marketplace sekarang menyediakan fitur lacak otomatis contohnya seperti Shopee.


Demikian beberapa Tips Belanja Online Di Marketplace yang dapat penulis bagikan. Semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca sehingga pembaca tidak ragu lagi dalam membeli barang secara online pada sebuah marketplace. Jangan lupa share artikel ini ke teman-teman Anda agar mereka tahu tips apa saja untuk terhindar dari penipuan di marketplace.

Penulis : Bagus Cahyono
Editor : Ariya WB
Diterbitkan Oleh : Ariya WB

Belum ada komentar untuk "7 Tips Penting Saat Belanja Online Di Marketplace Baca Sebelum Checkout"