Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Daftar 11 Fitur HP yang Jarang Dipakai, Ada Fitur Mahal Juga


Glozaria - Setiap smartphone memiliki berbagai macam fitur yang dapat digunakan untuk mempermudah aktivitas dan menjamin produktivitas para penggunanya. Namun, seringkali terdapat fitur-fitur yang jarang diketahui. Bahkan dengan adanya kemajuan fitur lainnya, fitur lama atau fitur yang telah ada menjadi jarang dipakai di HP.

Harga tiap handphone yang beredar di pasaran sangat bervariasi. Salah satunya dipengaruhi oleh fitur-fitur yang disematkan di dalamnya. Sayang sekali jika kalian memiliki hp dengan harga cukup mahal namun tidak memaksimalkan semua fiturnya.

Daftar 11 Fitur HP yang Jarang Dipakai
Fitur HP / Foto : Glozaria

Daftar 11 Fitur HP yang Jarang Dipakai, Mungkinkah Tersembunyi?

Berikut ini daftar beberapa fitur yang jarang dipakai di HP, antara lain yaitu :
1. Bluetooth Tethering
Bluetooth Tethering merupakan teknologi yang digunakan untuk berbagi koneksi internet menggunakan sinyal bluetooth. Hal ini hampir mirip dengan Wi-Fi tethering, sebab sama-sama termasuk teknologi hotspot yang berfungsi untuk berbagi koneksi internet. Sedangkan perbedaannya terletak pada sinyal penghubung/media yang digunakan.

Baca Juga :
2. Layanan Cetak atau Print
Fitur layanan cetak atau print sudah jarang dipakai. Fitur ini telah dibekalkan oleh Google pada Android Lollipop. Fitur layanan cetak atau print memungkinkan pengguna HP untuk melihat maupun mencetak dokumen langsung dari smartphone yang terhubung dengan printer (Misalnya berada di satu jaringan WiFi yang sama). Sehingga pengguna tidak perlu repot memindah dokumennya terlebih dahulu ketika ingin mencetak dokumen pdf. 

3. VPN (Virtual Private Network)
Virtual Private Network atau VPN merupakan sebuah layanan koneksi yang dapat memberikan penggunanya akses ke website secara aman dan privat (pribadi). Cara kerja dari fitur ini yaitu dengan mengubah jalur koneksi pengguna melalui server, lalu menyembunyikan pertukaran data yang terjadi. Tetapi, fitur VPN sudah jarang dipakai.

Baca juga :

4. Dual Messenger
Fitur yang jarang digunakan berikutnya yaitu dual messenger. Dual messenger adalah fitur yang memungkikan pengguna untuk memiliki dua aplikasi obrolan yang sama dalam satu HP. Sehingga pengguna dapat menggunakan dua aplikasi obrolan dalam satu perangkat. Seperti aplikasi yang dapat digandakan, contohnya Whatsapp maupun Facebook dan Messengger.

5. Enkripsi 
Enkripsi merupakan fitur pendukung keamanan pada Android. Fitur ini memiliki kelemahan yaitu apabila smartphone dienkripsi, maka akibatnya performa HP akan menjadi lemot. Sebab, tiap proses pembacaan data harus dapat menempus lapisan enkripsi terlebih dahulu. Selain itu, enkripsi Android hanya berjalan satu arah sehingga tidak dapat diubah kembali ke data normal. Oleh karena itu, fitur enkripsi jarang digunakan lagi. 

6. Live Wallpaper
Smartphone keluaran terbaru telah mendukung fitur live wallpaper. Saat pengguna  ponsel menerapkan live wallpaper, maka wallpaper akan bergerak dan terlihat lebih hidup sehingga tidak membosankan. Tetapi, efeknya akan menguras daya baterai pada ponsel. Hal inilah yang membuat live wallpaper jarang dipakai.


7. Multi User
Setelah adanya Android Lollipop, terdapat fitur baru yaitu mode multi user. Fitur multi user memungkinkan penggunanya dapat membuat mode khusus untuk pribadi dan untuk orang lain. Sehingga semua aplikasi ataupun file yang ada di mode pribadi tidak akan muncul pada guest mode, begitupun sebaliknya. Daripada menggunakan fitur multi user, para pemilik ponsel lebih memilih untuk tidak meminjamkan HPnya. 

8. Smart Lock
Smart lock merupakan fitur untuk menyesuaikan kapan dan di mana smartphone akan terkunci. Bila fitur ini diaktifkan, maka ponsel akan otomatis menonaktifkan kunci smartphone saat di rumah, smartwatch maupun saat digenggam. Tetapi, pengguna ponsel saat ini lebih suka menerapkan kunci layar standar daripada smart lock. 

9. NFC
NFC atau Near Field Communication merupakan sebuah metode transfer data antar dua perangkat dengan cara menyinggungkan dan mendekatkan dua perangkat pada jarak tertentu. Cara ini biasanya dignakan pada metode pembayaran kartu debit, kartu kredit maupun kartu akses lainnya. Namun, masih sedikit jumlah smartphone yang didukung oleh NFC ini sehingga fitur NFC jarang digunakan. 


10. Radio FM
Walaupun teknologi sudah maju, beberapa perusahaan HP masih menyediakan fitur Radio FM. Walaupun fitur ini sudah jarang digunakan sebab tergeser oleh beberapa layanan baru dari  music streaming seperti Spotify dan JOOX.

11. Face Unlock
Face Unlock atau Trusted Face sebenarnya merangkap dengan smart lock. Fitur face unlock hanya mengenali wajah untuk membuka kunci layar smartphone. Fitur ini tidak efisien jika kondisi pencahayaan kurang memadai, jadi fitur ini jarang digunakan.

Fitur manakah yang kalian jarang pakai? Ditunggu komentar kalian yah !

Demikian beberapa informasi tentang beberapa fitur yang sudah jarang dipakai di HP. Semoga dapat menambah informasi bagi kalian. 

Penulis : Bagus Cahyono
Editor : Ariya WB
Diterbitkan Oleh : Ariya WB
Share :

Belum ada komentar untuk "Daftar 11 Fitur HP yang Jarang Dipakai, Ada Fitur Mahal Juga"