Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Hapus Aplikasi Berbahaya di HP Lewat Play Store Yang Jarang Diketahui

Share :
Jarang Diketahui ! Cara Hapus Aplikasi Berbahaya di HP Lewat Play Store
Ilustrasi Aplikasi di Google Play Store / Foto : Glozaria
Glozaria.com - Aplikasi untuk smartphone / hp baik android maupun ios dapat ditemukan di pasar / toko aplikasi. Saat ini, toko aplikasi yang banyak dipakai adalah Google Play Store dan App Store. 

Selain ini, beberapa brand ponsel memiliki layanan toko aplikasi sendiri. Namun umumnya untuk pengguna smartphone android sudah disematkan aplikasi Google Play Store.

Tidak jauh berbeda dengan aplikasi di komputer dan laptop. Setiap kamu akan menginstal aplikasi maka harus percaya bahwa aplikasi tersebut aman untuk dipasang. Ya, tidak semua aplikasi aman dan bersih dari virus dan konten berbahaya lainnya. Pengembang aplikasi nakal dapat saja memasukkan kodingan yang dapat memantau aktivitas pengguna tanpa ijin yang tidak sepenuhnya diketahui pengguna. Untuk itu perlulah kamu berhati-hati memasang aplikasi di HP kamu.


Semua aplikasi android yang ada di Google Play Store aman? Ini tidak benar. Google Play telah melakukan penghapusan terhadap ratusan aplikasi sepanjang tahun 2020. Aplikasi yang ada di Google Play selalu diawasi dan dievaluasi kepatuhannya terhadap kebijakan Google Play.

Penyebab Aplikasi di Google Play Dihapus

Apa yang dilakukan oleh aplikasi berbahaya ? Beberapa penyebab aplikasi dapat dihapus dari Google Play adalah:
  • Aplikasi membocorkan data pribadi kredensial seperti username dan password aplikasi lain.
  • Aplikasi yang berisi program jahat seperti Adware. Adware merupakan program yang dapat memunculkan iklan / ads saat HP tidak terkunci dan bersifat mengganggu pengguna.
  • Aplikasi yang mengarahkan pengguna ke halaman situs / URL yang tidak terverifikasi / tidak aman.
  • Aplikasi yang dapat menampilkan iklan di perangkat pengguna (di luar aplikasi, meskipun aplikasi sudah tidak digunakan).
  • Aplikasi yang ternyata adalah malware.
Dan masih banyak lagi masalah lainnya. Intinya, jika aplikasi ditemukan bertentangan dengan kebijakan Google Play maka akan dihapus.


Cara Mengetahui Aplikasi Berbahaya di HP Android

Bagi pengguna HP android dapat mengecek aplikasi-aplikasi yang ada di HP aman atau tidak. Ini bisa dilakukan dengan membuka Menu Play Protect di aplikasi Google Play Store.

Google Play melakukan scanning harian untuk memindai aplikasi-aplikasi berbahaya di HP. Kalau ditemukan, Kamu dapat melihatnya di Menu Play Protect ini.


Cara Hapus Aplikasi Berbahaya di HP Android Lewat Play Store

1. Buka aplikasi Google Play Store.
2. Buka menu aplikasi dengan klik ikon Menu (garis tiga).
3. Pilih Play Protect.
4. Kalau ada aplikasi berbahaya, hapus aplikasi dengan klik Uninstal.
Jarang Diketahui ! Cara Hapus Aplikasi Berbahaya di HP Lewat Play Store
5. Pindai lagi dengan klik Pindai.
6. Tunggu proses pemindaian selesai.
7. Selesai, saat ini HP aman dari aplikasi berbahaya.

Seperti pada gambar di atas, Google Play menyatakan bahwa aplikasi Word Office Viewer berbahaya karena diduga menggunakan perangkat untuk melakukan penipuan iklan. Aplikasi ini sudah cukup lama terpasang di HP Kami. Glozaria coba menelusuri aplikasi ini di Google Play, namun tidak menemukannya. Kemungkinannya adalah aplikasi Word Office Viewer satu ini sudah dihapus oleh Google Play. Kalau Kami salah, mohon dikoreksi.

Dengan mengetahui ini, Kamu sebaiknya selalu memasang aplikasi dari toko aplikasi yang jelas seperti disebutkan di atas. Hindari penginstalan aplikasi dari luar yang belum jelas keamanannya. Yah kecuali aplikasi buatanmu sendiri 😁. Keep Smart with Tech !

Belum ada komentar untuk "Cara Hapus Aplikasi Berbahaya di HP Lewat Play Store Yang Jarang Diketahui"